Rektor UNMUHSurabaya : Kulo Suko nyuwun pandongo badhe nggedhekno UNMUHSurobyo

Dr. SukadionoMasWasis.com, Surabaya, 18 Desember 2012 – “Manuk Glatik cucuke biru, nek pengen ngombe wenehono banyu segoro – Mari dilantik ojo turu kudu megawe ngembangno UNMUHSuroboyo”.  Sepenggal pari’an tersebut bukan kidungan tokoh Ludruk Surabaya Cak Kartolo, melainkan pari’an yang dilontarkan oleh tokoh Muhammadiyah Jawa Timur Dr. dr. Sukadiono, MM.,  ketika mengawali sambutan pelantikan sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Selasa malam (18//12/2012) Dr. dr. Sukaiono, MM., dilantik menjadi Rektor UNMUHSurabaya masa jabatan 2012/2016 oleh Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah Dr. Chairil Anwar di Auditorium G-inspire lantai 6 UNMUHSurabaya.

Mantan Pembantu Rektor II UNMUHSurabaya tersebut dihadapan  450 undang yang hadir menyampaikan berbagai hal yang berkaitan dengan tugas-tugas dan komitmen empat tahun kedepan dalam mengebangkan UNMUHSuranaya.

Dalam pidatonya, pada saat ini UNMUHSurabaya mempunyai 6 Fakultas dan Program Pasca Sarjana, dengan rincian 4 prodi D3, 15 prodi S1, dan 2 prodi S2. Dalam kurun waktu empat tahun kedepan perlu menambah program studi baru disamping meningkatkan kualitas program studi yang sudah ada. Konsekunsinya harus ada upaya pemenuhan sarana dan prasarana perkuliahan dan laboratorium. Perlu juga adanya penambahan dan peningkatan kuaitas SDM baik Dosen maupun karywan.

Di hadapan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Din Sjamsudin MA., Ketua PW Muhammadiyah  Jawa Timur Prof. Dr. Thohir Luth, MA., Ketua BPH Sulthon Amien, MM. Dr. Sukadiono menjabarkan fungsi PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah). Menurutnya UNMUHSurabaya sebagai PTM akan terus mengemban misi persyarikatan Muhammadiyah dengan cara memberikan penajaman dan pemahaman Ali-Ilsla Kemuhammadiyahan kepada seluruh Civitas Akademika. Seluruh pimpinan, dosen, karyawan, dan mahasiswa harus merasa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari persyarikatan Muhammadiyah.   Seluruh Civitas Akademika seharusnya menjadi kader-kader Muhammadiyah untuk bisa mengembangkan ajaran Islam menurut faham Muhammadiyah di lingkungan dimana mereka berada, tidak hanya menjadi kader pada saat bekerja dan menuntut ilmu di Amal Usaha Muhammadiyah.

Dr. Sukadiono juga menyampaikan komitmen untuk berupaya menghasilkan lulusan yang benar-benar paripurna, yang mempunyai keunggulan akademik, mempunyai kualitas soft skill serta kualitas integritas pribadi dan moral melalui penanaman nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan. Sehingga pada muaranya akan mampu menjalankan visi “Menjadikan UNMUHSurabaya sebagai universitas Islam yang unggul dengan mengedepankan nilai moralitas, intelektualitas, berdaya saing, dan berwawasan kebangsaan”.

Pada bagian akhir Dr. Sukadiono, menyampaikan penghargaan sekaligus penghormatan kepada Rektor masa bakti 2004/2012 Prof. Dr. Zainuddin Maliki, M.Si. yang diapresiasi sebagai teman, sahabat, sekaligus guru yang  telah membawa perubahan dan kemajuan UNMUHSurabaya.

Nampa hadir pada perhelatan empat tahunan tersebut, PW Muhammadiyah Jatim, PW Aisyah Jatim, Pimpinan Ortom Muhammadiyah di tingkat Jatim, PD Muhammadiyah Surabaya, Pimpinan Perguruan Tinggi se Jatim, Pimpinan Perguruan Tinggi di Surabaya Timur, Pimpinan Kopertis Wilayah VII, Pimpinan Kopertais Wilayah IV, dan Civitas Akademika UNMUHSurabaya.

Acara yang dibuka dengan tarian Jaran Kepang yang dimainkan oleh para mahasiswa asing yang kuliah di UNMUHSurabaya ini diakhiri pemberian ucapan selamat dari para hadirin kepada Dr. dr. Sukadiono, MM. yang telah dilantik menjadi Rektor UNMUHSurabaya.

Yang menarik, ketika membuka pidato Dr. Sukadiono  yang akrab dipanggi Dokter Suko ini menyampaikan pari’an, untuk mengakiri pidatonya juga menyampaikan pari’an sebagai berikut; ‘Buah  Mojo asale teko Mojokerto dipetik Cino digowo neng kutho – kulo Suko nyuwun pandongo badhe nggedekno UNUHSurobyo”.  Selamat Dok..(wm-01)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s