Lesson Study, Cara Baru Meningkatkan Professional  Dosen

Para narasumber dan pimpinan UMSurabaya pada sesi pembukaan workshop

Wawasan Mahasiswa, Surabaya, 9 Februari 2012 –  Langkah demi langkah kemajuan Universitas Muhammadiyah (UMSurabaya) semakin terasa. Setidaknya semangat dari para Dosen di Univeritas yang bertengger di jalan Sutorejo 59, Surabaya tersebut, pantas diacungi jempol. Di saat para mahasiswanya libur semester, para  Dosen di UMSurabaya, tepatnya Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), mengasah diri dengan mengadakan workshop lesson study.  Kegiatan tersebut diikuti  oleh para Dosen dari empat program studi yaitu prodi Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Indonesia.

Kegiatan yang digelar di Auditorium Gedung A lantai 2 Kampus terpadu UMSurabaya berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 9 hingga 11 Februari 2012. Sebanyak 120 Dosen dari tiga program studi yakni Kependidikan Biologi, Kependidikan Bahasa dan Satra Indonesia, dan Kependidikan Matematika, dengan tekun mengikuti Workshop  mulai pagi hingga sore hari. Narasumber yang kompeten dihadirkan antara lain Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., dari Universitas Negeri Malang, dengan materi “Konsep dan Prinsip Lesson Study dalam peningkatan profesional pendidik, serta best practice lesson study”, sedang Prof. Dr. Zainuddin Malik, M.Si., yang juga Rektor UMSurabaya,  menyampaikan materi “Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran di kelas” dan Dr. Syamsul Shodiq, MPd. dari Universitas Negeri Surabaya, menyampaikan materi “Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis Karakter”.

Kegiatan yang merupakan program hibah yang diperoleh FKIP ini, menurut Ketua Panitia Pelaksana Dra. Pheni Suharti, M.Kes. bertujuan untuk meningkatkan profesional tenaga pendidik dan kualitas pembelajaran berbasis karakter. Program hibah lesson study ini baru pertama kali diperoleh oleh UMSurabaya dengan nilai hibah sebesar Rp. 140.000.000,- (wm-01)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s