Pemilu 2014, PAN Jawa Timur Memperoleh 7 Kursi DPR RI, 7 Kursi DPRD Provinsi dan 122 DPRD Kabupaten/Kota

IMG_2677MasWasis.com, Surabaya, 27 April 2014 – Rapat Pleno DPW PAN Jawa Timur berlangsung cukup gayeng. Rapat Pleno yang diselenggarakan di Ruang SB Rumah PAN Jawa Timur , Ahad (27/04/2014) itu merupakan Rapat Pleno pertama setelah Pemilu. Dipimpin langsung oleh Ketua DPW PAN Jawa Timur Suyoto dan Sekretaris DPW PAN Jatim Kuswiyanto.

Dalam arahannya Kang Yoto, sapaan akrab Suyoto yang juga Bupati Bojonegoro ini mengharapkan agar kader PANdi Jawa Timur yang berhasil memenangkan pemilihan legeslatif tidak lengah dalam euforia kemenangan. Begitu juga kader yang belum berhasil tidak perlu bersedih berlebihan dan bertopang dagu. Karena tugas yang tidak kalah berat sudah ada di depan mata, yaitu pemilihan Presiden. Terlepas Bang Hatta (Hatta Rajasa, red.) akan menjadi Capres atau Cawapres, kader PAN di Jawa Timur wajib hukumnya untuk memenangkan.

Kang Yoto secara khusus juga memberi apresiasi kepada para Caleg yang belum berhasil. Keberhasilan para Caleg yang mendapat kursi tidak terlepas dari kontribusi dan jerih payah dari para Caleg yang belum berhasil.

Di bagian lain Kuswiyanto, melaporkan secara umum perolehan kursi baik kursi DPR RI, DPR Provinsi, dan DPRD Kabupaten dan DPRD Kota se Jawa Timur. Kuswiyanto juga menganalisa kegagalan beberapa Caleg dan kegagalan DPD PAN untuk mencapai target perolehan kursi.

Sekretaris DPW PAN Jawa Timur ini juga merangkum permasalahan masa-masa kampanye dan hari pencoblosan yang nantinya akan dijadikan dasar pemikiran dan dicarikan solusinya bersama.

Selanjutnya secara rinci, perolehan PAN di Jawa Timur pada Pemilu 2014 yang lalu disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang POK, Malik Efendi. Adapun data yang disampaikan yaitu perolehan kursi DPR RI dari 11 Daerah Pemilihan Jawa Timur, PAN mendapatkan 7 kursi, sama dengan perolehan PAN pada Pemilu 2009 yang lalu.

Ketujuh Dapil tersebut yaitu Dapil Jatim I, Dapil Jatim IV, Dapil Jatim V, Dapil Jatim VI, Dapil Jatim VIII, Dapil Jatim IX, dan Dapil Jatim X.

Sementara itu perolehan kursi DPRD Provinsi Jawa Timur sama juga dengan perolehan kursi pada Pemilu 2009, sebayak 7 kursi. Daerah pemilihan yang menyumbangkan kursi untuk DPRD Jawa Timur yakni Dapil Jatim I, Dapil Jatim VI, Dapil Jatim VII, dapil Jatim VIII, Dapil Jatim IX, Dapil Jatim X, dan Dapil Jatim XI.

Sedang perlehan kursi untuk DPRD Kabupaten dan DPRD Kota se Jawa timur sebanyak 122 kursi. Dibanding hasil pemilu 2009 turun lima kursi, karena pada Pemilu 2009 memeroleh 127 kursi. Namun bila dihitung perolehan suara Pemilu 2014 ini naik bila dibanding perolehan suara pada Pemilu tahun 2009. (wm-01)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s