Khasiat Ekstrak Daun Cocor Bebek (Kalanchoe pinnata) Sebagai Antiseptik Luka Borok/Eksim Dalam Bentuk Sediaan Salep *)

Oleh : Faula Trisna, Rinza Rahmawati Samsudin, Citra Rezqi Indahwati **)


A B S T R A K

Dengan adanya penyakit, pasti akan selalu disertai adanya usaha pengobatan. Hal ini tentunya berlaku untuk semua masyarakat di berbagai belahan dunia . Sejak Dahulu di Indonesia jelas ada ilmu pengobatan asli yakni pengobatan tradisional dengan menggunakan bahan baku alami, salah satunya dari tanaman. Cocor bebek adalah salah satu di antara tanaman yang digunakan sebagai bahan ramuan untuk mengobati penyakit yang diderita masyarakat. Daun Cocor bebek (Kalanchoe pinnata) diyakini oleh penduduk dapat mengobati luka. Hal ini dibenarkan oleh metode penelitian, karena daun Cocor bebek (Kalanchoe pinnata) mengandung senyawa kimia salah satunya Tanin.

Penelitian ini disusun secara eksperimen. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan memberikan perlakuan pada bakteri Staphylococcus aureus dengan berbagai konsentrasiektrak daun Cocor bebek (Kalanchoe pinnata) pada lubang sumuran yang telah dibuat pada media yang telah ditanami bakteri dan Amphicilin sebagai control positif. Kemudian penelitian selanjutnya menggunakan metode yang lain yaitu paper disk dengan hanya member satu perlakuan pada bakteri aureus denagn konsentrasi 100 % dan tetap Amphicilin sebagai control positif.

Dari hasil eksperimen yang dilakukan ternyata terjadi penghambatan pertumbuhan koloni pada sebagian perlakuan dengan berbagai konsentrasi ekstrak 75 % dan 100 %. Hal ini ditunjukan dengan terbentuknya zona hambat dengan diameter yang bervariasi di sekeliling lubang sumuran pada percobaan pertama dan terbentuknya zona hambat di sekeliling paper disk pada percobaan kedua dan ketiga. Dengan terbentuknya zona hambat menunjukkan bahwa ekstrak Cocor bebek (Kalanchoe pinnata) mempunyai daya hambat terhadap bakteri Staphylococcus. Dengan demikian juga dapat menunjukkan bahwa ekstrak bebek (Kalanchoe pinnata) dapat dijadikan sebagai antiseptic dalam hal ini diberikan dalam bentuk sediaan salep.

*) Diikutkan dalam Pekan Karya Ilmiah Mahasiswa, yang dibiayai oleh DIKTI.

**) Mahasiswa FKIP  Universitas Muhammadiyah Surabaya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s