Prof. Shapers dari Arizona State University Menyampaikan Kuliah Umum

FOTO :Setelah acara selesai foto bersama, dari kiri;  Pak Wasis, Pak Misrin, Bu Linda, Bu Mas’ula, Bu Ruli, Pak Rektor, Pak Shapers, Bu Embun, Bu Yuni, Pak Idris, Pak Noto dll

______________________________

Surabaya, 14 Juni 2011 – Di Amerika itu unik, di sana ada beberapa kelompok masyarakat yang berasal dari berbagai bangsa di dunia dengan memakai idiom yang berbeda dengan kelompaok masyarakat lainnya yang berasal dari berbagai bangsa lainnya. Namun demikian di antara anggota masyarakat yang berasal dari bangsa yang berbeda bisa berkomunkasi dengan baik dengan memakai bahasa Inggris Amerika. Dan mereka merasa saling memiliki bahasa yang umum dipakai masyarakat Amerika, yaitu bahasa Inggris Amerika. Hal tersebut diungkap oleh Prof. Donald k. Sharpes, Ph.D., the Emiretus College at Arizona State University, pada acara general lecture di Auditorium G-inspire UNMUHSurabaya, tadi pagi (14 Juni 2011).

Di bagian lain Sharpes memaparkan, bahasa Ingrris Amrerika yang merupakan bahasa pengantar yang umum dipakai di Amerika disamping digunakan sebagai bahasa komunikasi sehari-hari antar anggota masyarakat, juga merupakan bahasa ilmu pengetahuan. Jadi bahasa Inggris Amerika merupakan bahasa pengantar dan bahasa perkembangan ilmu pengetahuan di Amerika.

Selanjutnya diskusi dipimpin oleh Ibu Mas’ula, Dosen Bahasa Inggris FKIP UMSurabaya. Menariknya ketika moderator menawarkan sesi tanya jawab bpleh memakai bahasa Indonesia  dan akan diterjemahkan oleh moderator, namun tawaran moderator tersebut ditolak oleh paara mahasiswa yang mengikuti acara tersebut, mereka memilih memakai bahasa Inggris. Dan tidak diduga ternyata para mahasiswa cukup fasih dan lancar menyampaikan pertanyyan dengan memakai bahasa asing tersebut.

Pada kesempatan terpisah, Dekan FKIP Dr. Ahmad Idris Asmaradhani menyampaikan kepada Wawasan Mahasiswa bahwa acara semacam ini memang menjadi agenda rutin dari FKIP, kali ini   untuk yang ketiga kalinya.

 “Salah satu tujuannya ialah untuk menambah wawasan mahasiswa utamanya di bidang bahasa, sehingga mahasiswa mampu membandingkan kemampuannya dengan keadaan yang sebenarnya di Negara asing,” tambah Idris.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut para Doesn FKIP,  Noto Adam (Mantan Rektor), Dra. Chusnal, MPd. ‘Aini (PR II), Dr. Ahmad Idris Asmaradhani  (Dekan FKIP), Dra. Peni Suharti MKes, Dra. Lina Listiana , Dar. Yuni Gayatri MPd., Drs. Abdul Ghoni MPd., Dra. Badruli Martati, SH. MM. MA, Dr. Mahsun Jayady, Drs. Wijayadi, MPd., Drs. R. Suwasis Hadi, LinaSPd. MPd.,  Sri Wahyuni SSi. MSi., dll.

Acara yang dibuka Rektor UMSurabaya, Prof. Dr. Zainuddin Maliki, MSi pukul 10.00 ini berakhir tepat pukul 12.00WIB, dan diakhiri makan siang bersama. (wm-1)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s