Mahasiswa UMSurabaya Anti Nyontek dan Anti Plagiat

Baliho raksasa Anti Nyontek dan Anti Plagiat, terpampang di plasa kampus UMSurabaya

Surabaya, 09 Januari 2012 –  Awal Januari hingga pertengahan Januari 2012 ini hampir semua perguruan tinggi di Indonesia baik PTN maupun PTS menyelenggarakan ujian akhir semester tahun akademik 2011/2012. Hal yang sama dilakukan Universitas Muhammadiyah  Surabaya (UMSurabaya) mulai tanggal 9 Januari hingga 13 Januari ini juga tidak ketinggalan mengadakan hajatan setengah tahunan ini.

Yang menarik pada masa ujian akhir semester ini UMSurabaya menggelorakan semangat kejujuran pada diri para mahasiswa melalui beberapa media yang di pasang di area kampus. Di gerbang pintu masuk kampus dan sudut-sudut kampus, serta rektorat, terpampang spanduk yang mengingatkan kepada seluruh mahasiswa untuk tidak melakukan kecurangan dalam  ujian. Misal  menyontek maupun kecurangan yang lain. Berbagai slogan yang terpampang pada spanduk cukup mengena dan berbobot sekualitas kata-kata bijak motivator ternama. Simak saja slogan tersebut antara lain; ‘Tinggalkan MENCONTEK yang menghalangi kecemerlangan hidup anda, Dan berhati-hatilah karena MENCONTEK adalah cara gembira menuju kegagalan’, spanduk tersebut terbentang di Rektorat, gedung G-inspire.

Sedang spanduk yang terpampang di gerbang masuk kampus berbunyi;’Sikap JUJUR adalah dasar semua keberhasilan, tidak ada penghalang keberhasilan bila anda bersikap JUJUR, dan tidak ada yang bisa menolong bila anda tidak bersikap JUJUR’.  Begitu juga spanduk yang melintang diatas jalan menuju masjid KH. Mas Mansyur berbunyi;’Nilai A tanpa kejujuran IS NOTHING karena di dalam kejujuran ada KEBERHASILAN dan KEMULIAAN’.

Simak pula spanduk yang cukup bijak dan brilian yang terpasang di depan kampus FKIP;’Orang yang berhenti belajar JUJUR akan menjadi pemilik masa lalu, Orang yang berusaha belajar JUJUR akan menjadi pemilik masa depan’. Nah, perfect banget kan ?

Selain spanduk, belasan poster berukuran kertas A2 dengan dua jenis konten juga terpampang di papan pengumumam dan tempat-tempat strategis di berbagai sudut kampus. Sementara itu yang berbentuk Baliho raksasa, dipasang di tengah-tengah plasa kampus, dengan bertuliskan ‘Anti Menyontek & Anti Plagiat’.

Menurut Rektor UMSurabaya Prof. Dr. Zainuddin Maliki, M.Si., ketika ditemui Wawasan Mahasiswa  menyampaikan bahwa UMSurabaya sengaja mengkondisikan mahasiswa sejak dini untuk berperilaku jujur. Sehingga ketika nanti mereka telah lulus dari UMSurabaya mereka bisa menjadi contoh kejujuran bagi masyarakat di sekelilingnya. Baik itu di lingkungan kerja maupun lingkungan  bermasyarakat. (wm-01, wm-07)

FOTO TERKAIT : >>> KLIK DI SINI !!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s