KELOMPOK IV

LOKASI : Kelurahan Dukuh Sutorejo RW VI, Kec. Mulyorejo- Surabaya

Kesan, Pesan, Saran, dan Kritik dari Kelompok IV yang dikirim via email sebelum pukul 12.00 tanggal 16 Juli 2012.

_____________________________________________

Musayyidatul Ummah, Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia.

_____________________________________________

Siti Zulaikhah, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoneisia

_____________________________________________

Ahmad Joko Purnomo, Pendidikan Matematika.

_____________________________________________

Arif Taufikkurahman, Matematika : Kesan: Untuk mahasiswa,saya sangat senang dengan kelompok saya sebab semuanya peduli dan kompak, jadi tidak ada yang meninggikan ego siapa yang paling baik. Untuk DPL, dengan pengalaman bapak sebagai DPL sudah membantu memudahkan pekerjaan kami dengan pembagian tugas dan masukan-masukan bapak. Untuk warga, luarbiasa bahagianya kami bisaber-KKN di RW. VI, ketua RW beserta perangkatnya benar-benar menerima kami denganbaik, ditambah dengan semangat, masukan serta kepedulian merekaakan keberadaan kami.

Pesan :Untukmahasiswa, semoga setelah KKN kekompakan dankerja keras tetap tertanam dalam dirikita semua serta tetap terjalin komunikasi yang baik.

Untuk DPL, semoga bisamenjadi DPL yang lebihbaik dan menjalankan tugas dengan ikhlas.

Untuk warga, terus ditingkatkan perkembangan daerahnya, khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan.

Kritik  Untukmahasiswa, kesadarandiriuntukon time masihkurang, Untuk DPL, kehadiran bapakmasihjauh dari harapan saya sebab tidaksampai 6x sesuai dengan apa yang bapa kucapkan. Untukwarga, tetap terkadang ada warga yang istilah dalam benak mereka bahwa kami adalah bank berjalan.

Saran : Untukmahasiswa, lebih professional lagi dalam bekerja. Untuk DPL, lebih ikhlas lagi agar kehadiran 6x bukan menjadi patokan utama. Untuk warga diberikan pendampingan atau pembimbing untukmelajutkan program KKN yang telahselesai.

_____________________________________________

 Malinda, Biologi : Untuk kegiatan parenting skill mohon diadakan lagi, kalau bisa dibuat agenda rutin setiap sebulan sekali, Untuk bimbel dan senam lansia diharapkan terus berjalan walaupun kegiatan KKN telah selesai. Untuk kegiatan pembuatan telur asin diharapkan bisa terus berjalan agar ibu- ibu bisa membantu suami dalam hal memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Kesan : Saya sangat senang karena warga antusias sekali dalam mengikuti kegiatan yang diadakan.baik dalam kegiatan senam lansia, bimbel maupun PAUD banyak yang hadir. Ketika ada kegiatan parenting skill warga sangat senang bahkan minta untuk diadakan lagi. Hal itu membuat saya senang dan bangga .

 Kritik & Saran Kurang Tepat waktunya warga dalam mengikuti kegiatan yang diadakan KKN oleh kelompok IV maka  Sebaiknya warga lebih efisiensi tepat waktu dalam mengikuti kegiatan.

_____________________________________________

Dzur Rohmah, Pend. Biologi : Kegiatan yang menyenangkan terkadang membosankan yang pasti melelahkan. Dengan KKN ini kita dapat banyak belajar mulai dengan belajar bagaimana mengajar anak-anak paud yang kebanyakan masih sering nempel dengan orang tuanya terutama ibu, belajar menghadapi masyarakat secara langsung denngan bergagai karakter, serta belajar bersikap, berbicara secara bijak, tentang kehidupan yang tidak dapat diperoleh hanya dengan belajar dengan buku ataupun teori.

Bertambahnya pengalaman, teman, keluarga baru yang dapat saling mendukung walau terkadang terdapat perselisihan, namun akhirnya dapat terselesaikan dengan baik.

Semoga semangat yang kita dapat dari KKN ini dapat berkelanjutan. Semoga semua kegiatan yang telah di laksanakan dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Perlunya dukungan yang lebih dalam setiap kegiatan dari berbagai pihak.

_____________________________________________

Miswanto, Pendidikan Biologi : Ada beberapa kesan yang terasa diantaranya adalah:Terbukanya warga dan senang atas kedatangan teman-teman KKN. Adanya kedekatan yang sangat dalam antara anak KKN dan warga.Merasa saling membutuhkan atau simbiosis mutualisme.Senang bisa sharing dengan ibu-ibu pada saat mengisi parenting skill

Pesan dari saya adalah:Untuk lebih meningkatkan hubungan silaturrahmi.Adanya kerjasama antara warga kampus dengan masyarakat aik dalam bidang ekonomi maupun parenting skill, karena pada dasarnya warga RW 6 memiliki ide yang baik namun kurang adanya management yang memadai, selain itu parenting skill sangat diperlukan karena saya melihat kompetensi anak sangat luar biasa namun tata cara pola pengasuhan anak yang salah bisa mengakibatkan anak diluar kendali. Adanya bantuan management tentang produksi telur asin baik dari kampus maupun warga, minimal dalam bidang marketing.

Kritik; Transparansi dana minim sekali.Waktu sangat terbatas. Komunikasi untuk ditingkatkan baik dari kalangan kampus maupun mahasiswa.

Saran saya sebagai berikut; KKN terjun desa / luar kota, agar dalam pelaksanaannya mahasiswa konsen tidak ada yang mbelot pulang atau dalam hal ini kedisiplnan waktu. Membuat program yang minimal tapi hasil maksimal dan bisa berkelanjutan.

_____________________________________________

Verlita Dwi Anggraini

_____________________________________________

Ratna Putri Ibda’ul Maghfiroh : Kelompok IV KKN di RW 6 dukuh Sutorejo, menurut saya paling kompak di antara kelompok yang lain. Kekompakan, kebersamaan, sedih, senang, masa-masa sulit, kita semua menghadapinya bersama tanpa putus asa berjuang demi kesuksesan KKN. Tapi sayangnya kegiatan masih kurang karena kita menghadapi beberapa kendala, terutama masalah dana. Dana yang kita dapatkan sangat minim, dengan diadakanya kegiatan selama 3 minggu itu dirasa sangat kurang. Semoga KKN berikutnya mendapat dana lebih banyak agar bias lebih efektif dengan program yang akan diberikan kepada warga setempat.

_____________________________________________

Nunik Ika, DJ.

_____________________________________________

M. Anas Abidin,

_____________________________________________

Miftakul Khoiriyah :  KKN bersama teman-teman kelompok 4 sangat menyenangkan dan berkesan. Mulai dari teman-teman kelompok, DPL, Ketua RW, Ketua RT, Kader-kadernya, sampai warganya. Semuanya SerSan = Serius tapi Santai. Kodok ngorek adus kali, Karo aku rek ojo sampe’ lali #parikanSek :D. Kritik Untuk kelompokku tercinta, kadang kurang koordinasi karena mengandalkan kesadaran personal sehingga terkadang acara berjalan tidak teratur dan bobot kerjanya tidak sama.

Untuk DPL, lebih peduli terhadap mahasiswa KKNnya ya pak. Dampingi kami supaya keberadaan bapak tidak hanya sekedar formalitas saja.

Untuk BP-KKN, berikan pengarahan yang jelas tentang KKN dan beri kebebasan pada mahasiswa untuk memilih desa yang ingin dijadikan sasaran secara mandiri.

Atas kata-kata yang tidak berkenan saya benar-benar minta maaf. Sekian. Terimakasih.

_____________________________________________

Timothy P. Mckinney

_____________________________________________

Rizky Ferdina Satrya, Fak. Hukum :  Pertama tama saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Allah SWT beserta junjungannya nabi besar Muhammad SAW karena berkat rahmat dan karunianya saya dapat berada di tempat KKN ini. Tidak lupa juga saya mengucapkan rasa terima kasih kepada orangtua saya yang sudah mendukung saya dalam hal yang bersifat positif,serta teman-teman KKN yang sudah bersama-sama selama di tempat KKN ini dan terima  kasih kepada almamater saya yaitu Universitas Muhammadiyah Surabaya Bapak Ketua Rw 6 Dukuh Sutorejo beserta jajarannya. Pada awal KKN tiba, saya merasa senang dapat diterima oleh masyarakat. Kami semua dikumpulkan di Kampus Muhammadiyah Sidoarjo, disana kami diperkenalkan ke masyarakat melalui Ketua RW 6 Dukuh Sutorejo Kecamatan Mulyorejo. Banyak kenangan-kenangan yang sudah terjadi selama kita tinggal bersama, baik kenangan indah maupun yang agak kurang indah. Yang jelas semuanya ga’ akan pernah terlupakan. Seru banget KKN, gak kaya yang dibayangin sebelumnya. Karena saya merasa “the most beautiful moment lies in memory we have forgotten”, jadi  semua kenangan yang terjadi cuma punya saya saja, makanya kalo mau ngerasain indahnya KKN ikutlah KKN, jangan ngerasa kalo KKN tuh cuma kegiatan  yang gak penting, KKN seru banget, bisa dapet banyak pelajaran yang ga ada di kelas, lebih seru belajar yang kaya gini daripada yang informal. Yang mana lama-kelamaan keakraban saya dengan temen –teman KKN mulai timbul, dan mulai pada saat itulah canda tawa pun mulai menghiasi kehidupan saya selama tinggal di tempat KKN sehingga saya merasa betah  berada di tempat KKN. Selain itu juga saya mulai beradaptasi dengan likungan di Kelurahan Dukuh Sutorejo RW 6 Kecamatan Mulyorejo ini yang menurut saya desa yang aman dan nyaman karena masyarakat di Desa ini sangat ramah-ramah terhadap orang pendatang seperti saya ini.                                                                                

Kritik : Waktu yang 25 hari dinilai masih terlalu singkat untuk menjalankan semua program kerja yang direncanakan,Kurangnya perhatian baik dari DPL kepada mahasiswa yang berada di lapangan, sehingga kurang terbimbing dan terarah di awalnya.

Saran : Kalau bisa, lamanya waktu pelaksanaan kegiatan KKN Tematik ini diperpanjang, jika ingin semua program kerja terlaksana dengan baik,Pada saat di lapangan, diharapkan DPL lebih sering berkoordinasi dengan aparatur setempat dan lebih sering melakukan kunjungan ke lapangan untuk membimbing mahasiswa bimbingannya.

_____________________________________________

Yan Bastian

_____________________________________________

Azizah, Pendidikan Matematika :  KKN 2012 yang saya ikuti sangat berkesan. Hal ini saya dapat dari pengamatan saya pada antusiasme warga uuntuk berpartisipasi pada setiap program yang kami buat, terutama dua program yaitu diskusi parenting skill dan pelatihan wirausaha membuat telor asin.

Saya berharap kegiatan KKN dapat dilanjutkan dengan kegiatan lain yang dapat bermanfaat bagi warga juga mahasiswa sebagai wujud partisipasi mahasiswa secara aktif. Seperti bimbingan belajar yang sudah dibuat dapat dilanjutkan secara rutin, hal ini tentu akan sangat bermanfaat, dan juga kegiatan wirausaha dapat dilanjutkan dengan produksi telor asin secara berkelanjutan yang akan menguntungkan warga secara finansial

Kritik : menurut saya transparansi alokasi dana KKN masih kurang, dan menurut saya jumlah yang diberikan pada tiap kelompok masih terlalu kecil.

Saran saya, KKN yang saya ikuti berjalan lancar, tetapi hal ini akan lebih srmpurna jika pengadaan dana dapat mencukupi. kami merasa kesulitan dalam hal ini. oleh karena itu dukungan finansial dari kampus yang berupa kenaikan jumlah dana yang diberikan untuk tiap kelompok sangat diharapkan.

_____________________________________________

REVI :Seluruh warga menerima kehadiran mahasiswa yang sedang KKN. Warga sangat bersemangat dalam mengikuti program/kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa selama KKN. Pesan saya, waktunya agar lebih diperpanjang supaya lebih dekat lagi dengan masyarakat sehingga program-program lebih terlaksana dengan semaksimal mungkin. Waktunya terlalu singkat

Saran, kegiatan dan dananya lebih diperbanyak agar kita bisa beradaptasi dengan maksimal.

_____________________________________________

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s