Perintah Harian DPW PAN Jatim  : Satu Tujuan, Lima Nilai, dan Tiga Langkah

Foto : Kuswiyanto sedang menyampaikan Perintah Harian DPW PAN Jatim didampingi Ketua PDM Kab. Pasuruan H. Imam

MasWasis.com, Pasuruan, 1 Juni 2012 – Para kader PAN di Kabupaten Pasuruan digembleng langsung secara privat oleh Kuswiyanto, Sekretaris DPW PAN Jawa Timur Jum’at (1/6/2012). Pada kesempatan peresmian rumah PAN Kabupaten Pasuruan yang bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila tersebut Kuswiyanto memberikan wejangan untuk menggarirahkan putaran roda PAN di Pasuruan yang selama ini terasa beku dan berhenti.

Dalam arahannya Kuswiyanto menyampaikan Perintah Harian DPW PAN Jawa Timur yang terangkai dalam sebuah kalimat yang cukup bermakna yakni Satu Tujuan, Lima Nilai, dan Tiga Langkah. Selanjutnya Kuswiyanto menguraikan perintah harian DPW PAN tersebut secara rinci, gamblang, dan aplikatif.

Menurutnya, yang dimaksud dengan Satu Tujuan adalah cita-cita mulia dari PAN yang memimpikan sebuah negara yang berkeadilan, makmur, dan sejahtera.  Jadi, tambahnya, jabatan di eksekutif dan legeslatif yang selama ini diduduki oleh para kader PAN hanya merupakan sasaran antara. Sedang sasaran utmanya ialah terwujudnya sebuah  negara Baldatun toyibatun warabbun ghofur yang kita cita-cita bersama. Negara yang gemah ripah loh jinawi tersebut bisa diwujudkan apabila para kader bisa menduduki jabatan strategis dari pusat hingga daerah. Jabatan yang strategis itulah yang kita rebut melalui Pemilu.

Sedang Lima Nilai yang merupakan perintah harian DPW PAN yakni religius, kerja keras, kerjasama, disiplin, dan peduli.

Sementara itu  tiga langkah yang harus dilakukan  berupa tiga pilar gerakan PAN  yaitu gerakan Politik, gerakan Pencerahan, dan gerakan Pemberdayaan. Gerakan politik yang mendesak untuk segera dilaksanakan di Kabupaten  Pasuruan yakni konsolidasi Partai, segera digelarnya Muscab  dan terbentuknya Ranting serta  Rayon di seluruh pelosok Kabupaten Pasuruan. Kuswiyanto berharap Muscab dan Musran serta pembentukan Rayon segera dirampungkan dalam beberapa bulan ke depan.

Sedang gerakan pencerahan bisa dalam bentuk perkaderan dan pelatihan-pelatihan  untuk meningkatkan kualitas kader. LKAD (Pelatihan Kader Amanat Dasar, red) merupakan jenjang perkaderan formal yang wajib diikuti oleh para kader yang akan mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD Kabupaten atau DPRD Kota. Di samping perkaderan formal DPW Jawa Timur secara berkala mengadakan Caracter Building ‘Jalan Sukses AlFatihah’ (JSA, red) dengan Trainer Ketua DPW PAN Jawa Timur, Kang Yoto. JSA ini boleh diikuti oleh siapapun tidak harus anggota dan simpatisan PAN.

Untuk gerakan pemberdayaan bisa melakukan usaha-usaha di bidang ekonomi. DPW PAN akan mengakomodasi usulan kegiatan perekononomian dan akan disalurkan kepada berbagai instansi dan lembaga yang sekiranya berkenan bisa bekerjasama dengan PAN.

Menurut Kuswiyanto dengan adanya tiga pilar gerakan PAN Jawa Timur ini diharap masyarakat luas yang phobi akan politik mereka akan terakomodasi dan merasa nyaman menjadi simpatisan dan bergabung dengan PAN.

Pada acara yang dihadiri oleh sekitar seratusan kader PAN di Kabupaten Pasuruan ini mendapat tausyiah dari Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah H. Imam. Hadir pula dari DPW PAN Jawa Timur, Sjamsul Huda, R. Suwasis Hadi, Fahrudin, Herman Rifai, dan Delfri.

Sementara itu peresmian rumah PAN yang  berada di tengah kota Bangil ini mendapat perhatian dari beberapa partai di Pasuruan dengan mengirimkan ucapan selamat dalam bentuk Banner. Partai-partai tersebut yakni PDIP, Partai Golkar, PKB, dan PPP. Begitu juga Ormas Panas Adem Pasuruan juga memberikan ucapan selamat dalam bentuk Banner. (wm-01)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s