Akhirnya PBR Melebur dan Bergabung Dengan PAN

Kang Yoto (berdiri) M. Nizar (tengah), Kuswiyanto (duduk kanan), ketika silaturahmi di Ruang Soetrisno Bachir , Rumah PAN Jawa Timur.

_______________________________

MasWasis.com, Surabaya, 29 Juni 2011 – Partai Amanat Nasional mendapat suntikan darah segar dari  Partai Bintang Reformasi, hal ini dikarenakan dalam Rapimnas X PBR tanggal 18 Juni 2011 yang lalu  memutuskan bahwa PBR  melebur dan bergabung dengan PAN.  Dengan demikian secara yuridis formal seluruh anggota PBR di seluruh Indonesia masuk menjadi keluarga besar Partai Amanat Nasional.

Hal tersebut terungkap dalam silaturahmi antara DPW PAN Jawa Timur dengan DPW PBR Jawa Timur di Rumah PAN, jalan Darmokali 5c, Surabaya, Rabu malam(29/6/2011). Dalam silaturahmi tersebut dari PBR  hadir Ketua DPW M.  Nizar Zahro, Sekretaris Ali Huda, Wakil Ketua Mahfud, Fatulkholik, dll., sementara dari PAN hadir Keua DPW Suyoto, Sekretaris Kuswiyanto, para Wakil Ketua dan Wakil Sekretaris antara lain; Bambang, Malik Efendi, R. Suwasis Hadi, Ainur Rofiq Shopiaan, Ali Mukti, Oyon Zimbar, Riris, Sri Utami, Mashuri, Taufik Ghani, Suli Daim, Herman Rifai, Sentot, Basuki, Syaifulloh, Didik Setyobudi, Rifa, Haryanto, Agus Maimun.

Dalam sambutan  selamat datang, Suyoto, Ketua DPW  PAN Jawa Timur menyampaikan terimakasih atas bergabungnya PBR ke PAN. “ Kami berterimakasih dan berharap mudah-mudahan dengan ber-fusi-nya PBR ke PAN ini akan membawa kejayaan PAN kedepan. PBR merupakan Partai Bintang Reformasi, sedang PAN merupakan lokomotif reformasi Indonesia, jadi kita sama-sama garda terdepan reformasi Indonesia,” ungkap Kang Yoto, panggilan akrab Bupati Bojonegoro tersebut. “Jadi” tambah Kang Yoto,” tidak salah pilihan PBR untuk meleburkan diri dan menjadi keluarga besar PAN untuk berjuang bersama-sama demi berlanjutnya reformasi di Indonesia”.

Sementara itu Ketua DPW PBR Jawa Timur M. Nizar Zahro menyampaikan bahwa ada beberapa point penting dalam bergabungnya PBR ke PAN. “ PBR bergabung ke PAN secara total baik secara institusional maupun secara personal mulai dari tingkat pusat sampai tingkat terendah yaitu ranting atau sub ranting/rayon.”  tegas Nizar.

Nizar juga menambahkan, apabila di suatu daerah ada pilkada, maka PAN dan PBR akan tampil satu bendera, tentang calon yang akan ditampilkan berdasarkan survey.

Ada beberapa point yang menarik yang disampaikan Nizar pada kesempatan tersebut yaitu PBR akan menjadi organisasi massa dibawah PAN (underbow PAN, red.) dan anggota DPRD di semua tingkatan akan bergabung ke dalam fraksi PAN . “ Nantinya PBR akan menjadi ormas-nya PAN, dan merubah diri menjadin Petani Buruh Reformasi (PBR, red). Selanjutnya anggota DPRD Provinsi maupun Kabupaten akan masuk menjadi anggota fraksi PAN,” tegas anggota DPRD Provinsi Jawa Timur tersebut.

 Pernyataan Nizar tersebut sempat mengagetkan beberapa pengurus PAN Jatim, pasalnya pada saat ini PBR di Jawa Timur mempunyai satu orang anggota DPRD Provinsi yaitu Nizar sendiri, dan selama ini Nizar bergabung ke Fraksi PPR (Fraksi Persatuan Pembangunan Reformasi). Nah yang menjadi menarik, apabila Nizar hengkang dari Fraksi PPR dan bergabung ke Fraksi PAN, maka otomatis Fraksi PPR dengan sendirinya akan bubar, karena jumlah anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari PPP tidak lagi mencukupi untuk membentuk satu fraksi. Minimal satu fraksi harus dibentuk oleh lima orang anggota Dewan, sedang PPP Jawa Timur hanya mempunyai empat anggota Dewan.

Di bagian lain Nizar menyampaikan bahwa di Jawa Timur selain mempunyai satu anggota DPRD di tingkat Provinsi, juga mempunyai beberapa anggota DPRD  di tingkat Kabupaten; yaitu di Kabupaten Sampang mempunyai 4 anggota DPRD, di Pamekasan dan Bangkalan masing-masing mempunyai 3 anggota DPDRD, di Kabupaten Bojonegoro  2 anggota DPRD, sedang Kabupaten Ngawi dan Nganjuk masing-masing mempunyai 1 anggota DPRD.

Usai rapat, Kuswiyanto, sekretaris DPW PAN Jawa Timur ketika ditemui Wawasan Mahasiswa, menyampaikan bahwa agenda selanjutnya DPW PAN Jawa Timur beserta DPD PAN se Jawa Timur akan ta’aruf  dengan DPW PBR Jawa Timur dan DPC PBR se Jawa Timur di rumah PAN, Sabtu, 2 Juli 2011 mendatang. (wm-01)

BERITA TERKAIT :

1. Bursah Sarnubi : PBR Memilih Fusi Dengan PAN Karena Sama-sama Partai Reformis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s