Pesta Durian Mewarnai Pelatihan Kader Amanat Dasar (LKAD) PAN Jember

IMG_8277Setelah usai Pelatihan, peserta mengikuti Sumpah dan Janji untuk menjadi Kader PAN seumur hidup.

MasWasis.com, Jember, 10 Maret 2013 –  Pelatihan Kader Amanat Dasar (LKAD) yang diselenggarakan oleh DPD PAN Kabupaten Jember berlangsung di Hotel Rembangan, kawasan puncak Arjasa Jember. Duapuluh menit dari pusat kota. LKAD yang dirangkai dengan Pembekalan Calon Legeslatif untuk Caleg DPRD Kabupaten Jember, Lumajang, dan Bondowoso. Acara yang cukup berbobot ini berlangsung tiga hari Jum’at sampai Ahad (8-10/3/2013).

LKAD merupakan sekolah politik yang boleh diikuti oleh setiap anggota  PAN, terlepas yang bersangkutan aktiv menjadi pengurus DPD, DPC, DPRt, maupun anggota biasa. Persepsi bahwa LKAD hanya untuk mereka yang ingin mencalonkan diri menjadi anggota legelatif merupakan kesalahan besar dalam memaknai LKAD. Memang sertifikat LKAD merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki  oleh bakal calon legeslatif DPRD Kabupaten/Kota.

Di samping merupakan sebuah sekolah politik tingkat dasar, LKAD merupakan wahana konsolidasi para kader dari semua tingkatan. Apalagi Program Aksi Kader (PAK) yang wajib dilakukan oleh semua peserta LKAD.

Meski pesertanya sangat minim, hanya 41 peserta untuk tiga Kabupaten, namun pelaksanaan terbilang cukup sukses. Biasanya peserta LKAD rata-rata setiap Kabupatennya  sebanyak 60 orang.

Tempatnya representaif, nyaman, dan view-nya cukup exotic. Berada di lereng Gunung Semeru, Hotel Rembangan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Jember ini cukup memadai untuk kegiatan pelatihan. Ditunjang berbagai fasilitas yang ada seperti outbound, kolam renang, hall, dan taman. Juga kebun buah naga yang mengitari kawasan hotel Rembangan. Buah naga yang siap petik dengan harga yang relatif murah. Dengan cara self service, pembeli  memetik sendiri, lantas ditimbang dan langsung bayar.

Hal yang tidak kalah menarik, banyak penjual Durian yang menawarkan dagangannya dengan harga yang sangat  murah bila dibanding di Surabaya. Tak pelak para Instruktur dari DPW PAN Jatim yang kesemuanya berasal dari Surabaya, pesta durian siang malam selama tiga hari non stop, di saat istirahat. Peserta LKAD-pun tidak ketinggalan ikut pesta Durian.

LKAD kali ini dikawal langsung oleh para Instruktur yang bersertifikat nasional, Kuswiyanto, R. Suwasis Hadi, Ainur Rafiq Sophiaan, Didik Setyobudi, dan Syamsul Huda. Di samping itu ada tiga nara sumber yang menyampaikan materi yakni Suli Daim, Malik Efendy, dan Evi Lestari. (wm-01, wm-07)

Berita & Foto Terkait:
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s