PAN Jatim  Daftarkan Caleg Provinsi, Usung Kader Muda dan Perempuan 

Kang YotoMasWasis.com, SURABAYA, 22 April 2013  DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur menyambut Pemilihan Umum 2014 dengan  mendaftarkan 100 calon legislatif DPRD Jawa Timur dengan kombinasi  kader dan tokoh-tokoh masyarakat ke KPUD Jatim, Senin (22/4).  Berdasarkan komposisi  calegnya  PAN Jatim  cukup berani dengan menampilkan  70 persen kader-kader  muda  dan  lebih dari  30 persen caleg perempuan. Bahkan,  besarnya animo pendaftar  sampai  mencapai 159 orang dari 100  caleg yang diperlukan.

“Ini  menjadi bukti komitmen PAN  sebagai partai reformis  untuk membangun demokrasi  dengan melibatkan semua  kader dan tokoh-tokoh  masyarakat luas.  Kami menjaring  seluruh infrastruktur  partai dari DPW sampai DPRt di tingkat kelurahan  dan melibatkan elemen-elemen masyarakat luas. Alhamdulillah, minat mereka luar biasa  mendaftar melalui PAN , karena PAN dianggap partai yang  tetap bersih dan  reformis,” tegas ketua DPW PAN Jatim, Suyoto.

Bupati Bojonegoro yang menjabat untuk periode kedua itu mencontohkan ada kader muda yang usianya masih 22 tahun, yaitu Intan Kartika (Dapil V) dan Putri Anggita Sari (Dapil VII) . Selain itu sebagai bukti  komitmen PAN mengakomodasi perempuan  juga telah merekrut lebih dari 30 persen  caleg perempuan dari seluruh Dapil.  Bahkan, satu diantaranya  ditempatkan pada nomor urut 1 untuk Dapil IV (Jember dan Lumajang).

Hal menarik  dalam proses rekrutmen  adalah mekanisme yang diambil partai dengan menerapkan sistem scoring. Dalam sistem ini setiap bacaleg dinilai  dan dievaluasi berdasarkan beberapa parameter, seperti aktivitas di partai atau masyarakat, jaringan, program pemenangan, tingkat pendidikan, masa pengabdian,  jumlah dukungan, dan  elektabilitas.  Dalam konteks ini, setiap bacaleg perempuan otomatis mendapat tambahan nilai 5 (lima) sebagai bentuk afirmasi keperbihakan pada perempuan. “Jadi perempuan   ibarat lomba lari begitu start otomatis sudah dapat nilai 5  lebih awal dibanding laki-laki,”  jelas Suyoto.

Selain itu,  proses penyaringan  caleg juga melibatkan beberapa pakar untuk menguji kesiapan dan kepatutan (fit and proper test)  yang melihat kapasitas, kompetensi, dan integritas calon. Di sini DPW PAN menghadirkan  Prof. Dr. Syafiq A.Mughni (Guru besar Pascasarjana IAIN Sunan Ampel), Dr. Aribowo (Dekan Fak. Sastra Budaya Unair), dan Dr. Suko Widodo (Pakar Komunikasi Politik Unair).  “Jadi di PAN itu  seluruh penjaringan  dan penyaringan caleg berdasarkan  pertimbangan rasional dan terukur, termasuk dalam penempatan nomor urut,”  terangnya.

Suyoto juga menggarisbawahi  dan menjamin seluruh proses rekrutmen caleg di PAN  sama sekali tidak dipungut biaya atau diminta  menyetorkan sejumlah  uang sebagai bukti keseriusan seperti dilakukan beberapa parpol yang dianggap masyarakat luas sebagai  mencoreng  bangun demokrasi sejak awal. “Garis partai  sangat jelas kalau ada pengurus partai yang memungut  uang berapa pun besarnya  akan langsung dipecat,” tambahnya.

Kebijakan ini sungguh  telah menarik perhatian masyarakat luas. Terbukti di beberapa daerah  ada beberapa caleg yang mendaftar ke PAN karena merasa terharu dengan  masih adanya  partai yang tidak “mengutip pajak”  kepada para bacalegnya.  Para baceleg seperti ini, terang Suyoto,  ternyata memiliki semangat yang luar biasa untuk memenangkan partai .  Mereka hadir  dan menambah energi positif  partai dalam  membangun kinerja  parlemen  mendatang.

Terhadap semua caleg yang diusung,  masih kata Suyoto,  PAN menindaklanjuti  dengan berbagai  pelatihan dan kaderisasi   yang meliputi penajaman ideologi  partai, visi dan misi, konstitusi, dan berbagai program pemenangan partai dan kandidat. “Kami optimistis  target 15 kursi DPRD Jatim akan tercapai  dengan segala ikhtira maksimal  yang sudah sejak dilakukan  sejak Pemilu 2009 lalu,” kata  Suyoto mengakhiri. (ars). DAFTAR CALEG DPRD Jatim >>> [Klik Di Sini]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s