Menghadapi Pemilu, Kader PAN Jawa Timur Digembleng di Pondok Pesantren

Peserta LKAD foto bersama usai acara Pembukaan

Malang, MasWasis.com – Sebanyak 122 anggota PAN Jawa Timur  digembleng fisik dan psikisnya di Pondok Pesantren Darussalam Lawang, Malang dalam acara Pelatihan Kader Amanat Nasional (LKAD). Acara ini digelar oleh DPW PAN Jatim, berlangsung mulai hari Jum’at (30/3/2018) hingga (1/4/2018).

Dari 122 peserta, yang dinyatakan  lulus sebanyak 115 orang dan sisanya sebanyak 7 orang dinyatakan tidak lulus. Bagi yang tidak lulus diberi kesempatan mengikuti pelatihan yang sama pada kesempatan lain.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua DPW PAN Jatim, Masfuk, SH. Sedang materi disampaikan oleh para pengurus DPW PAN Jatim dan Wakil Ketua Umum DPP PAN Hanafi Rais.

Pesertanya hampir merata dari setiap daerah di Jawa Timur. Pada umumnya merupakan bakal calon legeslatif  baik  DPRD Kabupaten/Kota maupun DPRD Provinsi. Hal ini dikarenakan dalam internal PAN, sertifikat dari LKAD menjadi syarat pencalonan anggota DPRD Kabupaten/Kota. Sedang bagi kader yang sudah lulus LKAD dan  akan mencalonkan  diri menjadi anggota DPRD Provinsi harus melanjutkan ke  jenjang  Pelatihan Kader Amanat Madya (LKAM). Begitu juga bagi kader yang akan mencalonkan diri menjadi anggota  DPR RI dari PAN, yang bersangkutan  harus lulus  Pelatihan Kader Amanat Utama (LKAU).

        BACA JUGA : Terpilih Duabelas Peserta Terbaik LKAD Malang

Pelatihan ini ditangani langsung oleh para anggota Dewan Instruktur Nasional  PAN yang telah berpengalaman yakni Arief Mustofa Albuny, Awaludin, Indogamal, Basuki Babussalam, R. Suwasis Hadi, dan Agus Sarwanto.

Selain pengurus DPD PAN dari berbagai daerah dan DPW PAN Jatim, kegiatan ini juga diikuti oleh anggota sayap partai antara lain PUAN dan Simpatik. Yang menarik peserta perempuan tampak mendominasi kegiatan ini.

LKAD ini merupakan perkaderan pertama di era kepengurusan periode ini dan menurut rencana akan berlanjut di kemudian hari di DPD PAN se Jawa Timur.

Dalam LKAD ini terpilih peserta terbaik sebanyak  12 orang. (wm-01)

Iklan