Temu Kader, Program Andalan DPD PAN Sidoarjo

Kuswiyanto (berdiri) ketika memberikan pengarahan pada Temu Kader PAN Sidoarjo di Balai Desa Klurak, Candi. Duduk di kiri dan kanan para anggota DPRD Kab. Sidoarjo.

MasWasis.com, Sidoarjo, 11 November 2011 – Sekitar 300 kader Partai Amanat Nasional se Daerah Pemilihan satu Sidoarjo yang berasal dari Kecamatan Kota dan Kecamatan Candi, Jum’at malam (11 /11/ 2011) mengikuti  acara  Temu Kader yang digelar oleh DPD PAN Sidoarjo. Temu kader yang digelar di Balai Desa Klurak, Candi, Sidoarjo ini menurut ketua DPD PAN Sidoarjo Ir. Imam Sugiri, MM. merupakan temu kader yang kedua dari enam temu kader yang direncanakan, sesuai jumlah Daerah Pemilihan yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Imam juga menyampaikan  bahwa Temu Kader tersebut merupakan salah satu program andalan DPD PAN Sidoarjo disamping program Kaderisasi dan Pemberdayaan.

Dalam setiap temu kader dihadiri oleh semua anggota Fraksi PAN DPRD Kabupaten Sidoarjo yang berjumlah delapan orang. Hal ini, menurut Ketua Fraksi PAN DPRD Kab. Sidoarjo, Emir Firdaus, SE. MM., bertujuan untuk mengantisipasi sekaligus melayani para kader PAN yang berkeinginan  mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan didang kerjanya para anggota Fraksi PAN yang tersebar di semua  komisi yang ada. Tampak hadir  pada acara malam itu tujuh orang anggota DPRD Sidoarjo  yakni; Emir Firdaus (Komisi  C/ Ketua Fraksi), Kulem Junaidi ( Wakil Ketua DPRD), Sungkono, (Wakil Ketua Komisi B), Yasluck Hasan (Komisi C), Mahmud Untung (Ketua Komisi D), Adi Susetyo ( Sekretaris Komisi A), Zainul Lutfi (Komisi C), satu-satunya anggota DPRD yang berghalangan hadir Nur Hasanah (Komisi D).

Tidak hanya para anggota DPRD Sidoarjo yang hadir pada setiap temu kader  tersebut tetapi juga anggota DPRD Jawa Timur yang berangkat dari Daerah Pemilihan Jatim I  (Sidoarjo, Surabaya) yakni H. Kuswiyanto, MSi.

Yang menarik, pada acara yang dikemas secara dialogis ini juga menghadirkan instansi pemerintah Kabupaten yang terkait  seperti Dinas PU, DKP, Dinas PJU.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar dua setengah jam tersebut terjadi dialog  yang hangat antara  para kader PAN dan anggota DPRD Kab. Sidoarjo,  Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, dan disinergikan dengan perwakilan dari Dinas terkait Pemkab Sidoarjo. Materi dialog pada umumnya berupa; keluhan,kritikan, saran, dan harapan, terhadap berbagai hal seperti pelayanan publik, sarana transportasi, kerusakan jalan, lampu penerangan, pelayanan kesehtan, pelayanan perijinan dan lain-lain.

Dalam pengarahannya Kuswiyanto, mengharapkan agar para kader PAN di Sidoarjo selalu menjaga soliditas, karena menurutnya soliditas merupakan salah satu kunci kesuksesan partai, dan hindari intrik serta perpecahan. “Rukun agawe santoso, crah agawe bubrah,” ungkap Sekretaris DPW PAN Jawa Timur ini mengutip sebuah peribahasa Jawa yang maknanya ‘bersatu akan sejahtera dan pertengkaran mengakibatkan kehancuran’.

Sedang target perolehan 12 kursi pada Pemilu 2014 di DPRD Kabupaten Sidoarjo, Kuswiyanto optimis, menurutnya target tersebut realiastis artinya satu daerah pemilihan harus mendapatkan dua kursi sehingga dari enam daerah pemilihan tidak sulit untuk mendapatkan 12 kursi, apalagi sekarang sudah mendapatkan delapan kursi.

Di bagian lain Kuswiyanto memberikan petunjuk tentang Muscab dan Musran di Sidoarjo yang akan segera diselenggarakan di Sidoarjo, utamanya syarat untuk menjadi  Ketua DPC ataupun Ketua DPRt. Pertama, calon Ketua harus visioner, hal ini untuk mengantisipasi perubahan dan perkembangan yang ada di masyarakat. Kedua, trust,  maksudnya harus mendapatkan kepercayaan baik oleh anggota PAN maupun masyarakat umum dimana calon Ketua tersebut tinggal. Ketiga, mempunyai kemampuan manajerial, sehingga diharapkan yang bersangkutan mampu mengatur tatalaksana kepartaian secara modern. Keempat mempunyai jaringan, hal ini penting untuk pengembangan partai dan kelima mempunyai kemadirian ekonomi.

Temu Kader berikutnya pada hari Sabtu malam (12/11/2011)  berlangsung di daerah pemilihan empat yang meliputi Kecamatan Krian, Tarik, Balongbendo, dan Prambon. Kegiatan yang  berlangsung di Rumah Makan Restu, jalan Raya Krian ini juga dihadiri Kuswiyanto dan para anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo. Begitu juga Dari DPW PAN Jawa Timur hadir R.  Suwasis Hadi, Wakil Sekretaris DPW PAN Jawa Timur yang memang cukup inten turba ke daerah-daerah setiap akhir pekan.

Sejauh pengamatan Wawasan Mahasiswa yang juga ikut mengahdiri  kedua acara tersebut, terekam antusiasme para kader PAN di Sidoarjo, meski daerahnya terkena bencana lumpur Lapindo. Rona semangat untuk berjuang terpancar  dari para kader PAN di kota udang tersebut.

Dalam perjalanan menuju Surabaya Kuswiyanto menyampaikan  kepada Wawasan Mahasiswa bahwa, model Temu Kader  seperti yang dilakukan DPD PAN Sidoarjo tersebut akan dikembangkan di seluruh Jawa Timur dengan melibatkan anggota Legeslatif di tingkat Provinsi maupun pusat. (wm-01)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s