.

Formatur MUSWIL PAN Jatim, Kuswiyanto Memperoleh Suara Terbanyak Disusul Suli Da’im

IMG_20150115_113524Foto :Kuswiyanto ketika menyampaikan pendapat mewakili FPAN DPR RI pada Rapat Paripurna DPR

Kediri, MasWasis.com – Bertempat di Insumo Palace Hotel Kediri, MUSWIL PAN Jawa Timur berlangsung Senin hingga Selasa (10-11/8/2015). Di kota Santri tersebut Musyawarah Wilayah (MUSWIL) ke 4 Partai Amanat Nasional Jawa Timur dihadiri ribuan kader PAN, baik sebagai peserta maupun penggembira.
Agenda PAN Jawa Timur lima tahunan ini merupakan ajang suksesi kepemimpinan pengurus PAN tingkat Provinsi Jawa Timur. Berbeda dengan MUSWIL sebelumnya, MUSWIL ke 4 ini peserta tidak memilih langsung calon Ketua DPW PAN Jatim, melainkan memilih Formatur yang berjumlah 4 orang. Nah, empat orang Formatur terpilih ditambah satu orang utusan dari DPP PAN, akan memilih Ketua DPW PAN Jatim sekaligus menyusun kepengurusan DPW PAN Jatim periode 2015-2020.
Sebanyak 43 kader PAN Jawa Timur yang mencalonkan diri sebagai bakal calon Formatur memperoleh rekomendasi dari DPP PAN untuk dipilih menjadi anggota formatur.
Dalam proses pemilihan yang ukup demokratis, terpilihlah 4 orang anggota Formatur yang mendapat suara terbanyak . Keempat anggota Formatur terpilih tersebut yakni Kuswiyanto memperoleh 386 suara, disusul urutan kedua Suli Da’im memperoleh 379 suara, urutan ketiga dan keempat masing-masing Malik Effendy memperoleh 378 suara, dan M. Taufik Gani memperoleh 368 suara.
Selanjutnya, perolehan suara calon formatur ranking kelima dan seterusnya berurutan sebagai berikut : 26 suara, 12 suara (dua orang), 11 suara (dua orang), 9 suara, 3 suara (dua orang), 2 suara (tiga orang), dan 1 suara (4 orang). Sedang kartu suara yang tidak sah sebanyak 1 lembar.
Dari data pemilihan, sebanyak 43 calon anggota Formatur ternyata hanya 19 orang yang mendapatkan suara. Dengan rentang perolehan suara 1 sampai dengan 386.
Yang menarik, tingkat sebaran perolehan suara sangat minim, hanya mengumpul pada 4 anggota formatur terpilih. Dengan kata lain peserta MUSWIL mayoritas hanya memberikan suaranya kepada 4 orang anggota formatur terpilih. Hal ini bisa dipertegas bahwa perolehan suara ranking ke 5 hanya 26 suara. Begitu juga ranking ke 6 sampai ke 8, berurutan sebagai berikut 12 suara, 11 suara, dan 9 suara.
Dengan demikian sesuai AD/ART PAN dan PP PAN, keempat Formatur terpilih tersebut akan menjadi pilar kepengurusan DPW PAN Jatim. (wm-01, wm-5)

Iklan