Pelatihan Kader Amanat Dasar DPW PAN Jatim, Padat dan Berbobot

Foto bersama peserta PKAD dan Instruktur setelah acara selesai.

Malang, 15 April 2012 – Perhelatan yang bertajuk Pelatihan Kader Amanat Dasar (KAD) yang digelar DPW PAN Jawa Timur tanggal 13 hingga 15 April 2012 berlangsung cukup sukses. Acara yang mengambil tempat di Gedung Bapelkes Murnajati, Lawang, Malang Jawa Timur ini diikuti oleh 36 perserta yang terdiri dari pengurus DPW PAN Jatim, Ketua DPD PAN se Jatim, dan anggota DPRD Kab./Kota se Jatim yang belum pernah mengikuti Pelatihan KAD. Menurut Ketua Pelaksana, Fahruddin, sebenarnya target peserta hanya dibatasi 40 orang karena pelatihan KAD tersebut merupakan PKAD khusus. Namun, menurutnya tiba-tiba ada lima orang yang mengundurkan diri.

Sementara itu , ketika memberi sambutan pembukaan pada acara tersebut Ketua Badan Perkaderan DPW PAN Jawa Timur Suli Da’im menyampaikan bahwa Pelatihan Kader Amanat Dasar tersebut merupakan program awal Bakader DPW PAN Jawa Timur  yang natinya akan dilanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu Pelatihan Kader Amanat Madya. Menurutnya sebenarnya Pelatihan KAD tersebut merupakan tugas dari DPD PAN, namun berhubung masih banyak pengurus DPW PAN Jawa Timur yang belum mengikuti Pelatihan KAD maka DPW PAN Jatim mengadakan Pelatihan KAD khusus. Selanjutnya DPW akan menggelar Pelatihan KAM untuk memfasilitasi pengurus DPW PAN Jatim yang telah lulus Pelatihan Kader Amanat Dasar namun belum mengikuti Pelatihan KAM.

 Dari daftar peserta yang diperoleh Wawasan Mahasiswa, adanya penyebaran peserta dari berbagai daerah  di Jawa Timur. Baik dari Ponorogo, Pamekasan, Pasuruan, Probolinggo, Trenggalek, Surabaya, Situbondo, Jember, dan Blitar.

Nara sumber Pelatihan KAD kali ini sangat relevan dan mumpuni, Viva Yoga Mauladi, M.Si. Wakil Ketua Fraksi PAN DPR RI menyampaikan tentang UU Pemilu yang baru 2 hari disyahkan. Sedang AD/ART disampaikan oleh Dr. Bambang Sutrisno, MH. Selanjutnya Direktur PUDEHAM Unair, Muhammad Asfar, M.Si. memberikan materi Dasar-Dasar Ilmu Politik.  Ketua Fraksi PAN DPRD Jatim Kuswiyanto, M.Si. kebagian materi Ideologi dan Sejarah PAN.

Sementara itu Mantan Bupati Lamongan yang pernah menyandang predikat sebagai Bupati Terbaik se Indonesia Dr(HC). Masfuk, SH. (Ketua MPP PAN Jatim)  menyampaikan materi Pemerintahan Daerah, dan Dr. Asep Nurjaman dari Universitas Muhammadiyah Malang menyampaikan materi Pemasaran Parpol dan Teknik Penjangkauan Pemilih.

Sayangnya Ketua DPW PAN Jawa Timur Kang Yoto tidak bisa menghadiri kegiatan tersebut karena masih dalam perjalanan dari kunjungan ke Cina.

Selain sholat subuh berjamaah dan senam pagi bersama, sebagai perekat untuk soliditas para peserta dalam pelatihan tersebut juga diadakan Outbond dengan trainer dari Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur.

Instruktur Nasional yang bertugas pada kesempatan pelatihan tersebut Airnurofiq Sophiaan, Kuswiyanto,  R. Suwasis Hadi, Sjamsjul Huda, Basuki Babussalam, dan Didik Setyobudi.(wm-01)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s