Kuliah Itu Untuk Mencari Ilmu, Bukan Hanya Untuk Mencari Gelar *)

 Oleh : Ari Kurniawan **)

 Banyak anggapan masyarakat, bahwa kuliah itu hanya untuk mencari gelar. Hanya sebagai formalitas kerja di instansi pemerintah maupun swasta. sehingga banyak sekali isu – isu jual beli ijazah secara “instan” yang marak diperbincangkan di berbagai media massa. mereka bisa membeli ijazah dengan permintaan gelar yang dipilih dengan harga yang tinggi. Dan tidak harus menghadiri kuliah secara intensif, mereka bisa lulus juga dengan nilai yang bagus. Hal ini didasari karena banyak permintaan instansi pemerintah maupun swasta membuka lapangan pekerjaan dengan persyaratan lulusan sarjana. Untuk kenaikan pangkat atau jabatan saja juga membutuhkan lulusan gelar magister atau apapun.

 Mahasiswa merupakan maha pencari ilmu dan dituntut untuk mengabdi kepada masyarakat untuk mengaplikasikan ilmunya di lingkungan masyarakat. Inilah merupakan hakikat kuliah yang sebenarnya. Perlu disadari saja, tujuan kuliah adalah bukan hanya untuk mencari pekerjaan ataupun mencari gelar yang bergengsi. Tetapi, disini kita dituntut untuk lebih aktif dalam mengamalkan ilmunya ke dunia masyarakat. Karena di dalam dunia masyarakat, mahasiswa merupakan motor yang berperan aktif dalam menghidupkan kegiatan di lingkungan masyarakat. Mahasiswa juga dipandang oleh masyarakat sebagai orang yang berintelektual dan bermoral.

Ironisnya, anggapan seperti itu hilang di mata masyarakat. Anggapan masyarakat saat ini adalah kuliah itu sebagai formalitas untuk mencari pekerjaan. Di zaman sekarang juga mahasiswa menjadi seseorang yang hanya sekedar kuliah, mengerjakan tugas dan lulus, sehingga selama mereka kuliah, ilmu yang didapat tidak bermanfaat. Tidak dipungkiri, banyak mahasiswa yang setelah lulus kuliah akhirnya menjadi pengangguran juga. Ada juga yang bekerja, tetapi tidak sesuai dengan jurusan yang diambilnya.

 Maka dari itu, perlu kita sadari bahwa tujuan utama kita untuk kuliah adalah mencari ilmu dengan ikhlas dan sungguh – sungguh. Bukan untuk mencari titel atau gelar yang bergengsi ataupun mencari pekerjaan. apapun yang kita peroleh, insya allah ilmu tersebut akan bermanfaat selamanya.

*) Ditulis untuk WawasanMahasiswa Media Online

 **) Mahasiswa FAI UMSurabaya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s