Masa Ta’aruf Mahasiswa Biologi, Terkesan !!

FOTO bersama.

Mojokerto,  29 Oktober 2011– Lereng gunung Arjuna yang dingin itu terasa lebih hangat. Kehangatan itu tercermin dari akrabnya para mahasiswa baru program studi Biologi dan para seniornya yang mengadakan kegiatan Masta (Masa Ta’aruf) di Vila Wahyu   Pacet Mojokerto 27 hingga 29 Okteober 2011. Sebanyak 65 mahasiswa Biologi tersebut tidak hanya sekedar ta’aruf (berkenalan, red) namun banyak kegiatan yang mereka lakukan, misalnya kajian Al-qur’an dan Hadist, Olah Raga, Lintas Alam, Renungan Malam, Api Unggun, Diskusi Ilmiah, Peringatan Sumpah Pemuda, unjuk Talenta.

Arek-arek berangkat dari kampus UNMUHSurabaya, pukul 08.00 WIB satu setengah jam perjalanan telah sampai di Pacet, Mojokerto. Rombongan satu bus penuh dengan beberapa kendaraan lainnya ini di dampingi oleh Pak Wiwi dan Bu Kamelia. Begitu tiba di lokasi jadwal padat sudah harus dilaluinya hingga berakhir tengah malam.

Hari kedua rombongan Dosen ‘kloter’ kedua  berangkat hari Jumat pagi. Kloter ini dipimpin langsung oleh Ibu Lina, dengan anggota rombongan Bu Peni Suharti, Bu Yuni Gayatri, Pak Wasis, dan Pak Didik. Kloter kedua ini sore harinya bergeser ke Surabaya lagi dan tinggal Pak Wasis yang mendampingi arek-arek hingga acara penutupan hari terakhir (Sabtu).

Pada hari kedua inilah Ibu Lina dan Ibu Peni memberikan materi yang berkaitan denagn berbagai hal, mulai masalah akdemik, kegiatan mahasiswa, dan yang menarik Ibu Lina menyampaikan ide tentang Kredit Kegiatan Mahasiswa. KKM ini merupakan kredit kegiatan selama mahasiswa menempuh kuliah di UMSurabaya.

Bertepatan hari kedua Jum’at tanggal 28 Oktober, momentum hari Sumpah Pemuda itu pula tidak dilewatkan begitu saja oleh Arek-arek Biologi, menjelang tengah malam mereka mengadakan upacara peringatan Sumpah Pemuda yang cukup hidmat yang diterangi Api Unggun. Teks Sumpah Pemuda dibacakan oleh Salam, mahasiswa Biologi angkatan 2010.

Setelah acara resmi selesai dilanjutkan acara hiburan, pada acara ini setiap kelompok diwajibkan tampil untuk menyajikan hiburan. Banyak tampilan yang cukup mengibur, ada tari Padang  Pasir,  Vokal, Baca Puisi, Banyolan, dan atraksi lainnya.

Acara hiburan penutup, Arek-arek angkatan 2011, utamanya para cowok menampilkan vocal group (Boyband). Kelompok ini sama Pak Wasis diberi nama Smash karena beranggotakan 7 cowok. Lucunya mereka tidak ada yang hafal lagunya Smash. Malah ada yang nyletuk Smash palsu ini agar menyanyikan lagu Sonice (iklan). Akhirnya mereka menyanyikan lagu “Sempurna” milik Andra &BlackBone yang dipandu dari E90-nya Pak Wasis.

Hari ketiga tidak kalah seru, pagi-pagi setelah Subuh berjamaah, arek-arek senam pagi, pada acara senam pagi ini instrukturnya gantian (karena gak ada yang menguasai hee hee, pen.). Acara senam selesai dilanjutkan permainan, pada acara ini arek-arek berbaris membentuk lingkaran, instrukturnya di tengah lingkaran. Semula acara ini dipandu oleh mbak Eka (angkatan 2009), pada saat mbak Eka kehabisan stok permainan, tiba-tiba Pak Wasis datang dan langsung menjadi pemandu di tengah arek-arek. Suasana menjadi hidup dan penuh gelak tawa. Setiap permainan ada yang menjadi kurban (berbuat kesalahan) dan harus dihukum. Hukuman berupa berjoget, bernyayi, dan lain-lain.

Ketika sinar Matahari telah mampu mengahatkan badan, arek-arek melanjutkan kegiatannya dengan Lintas Alam, dengan melintasi bukit, hutan, sungai, dan persawahan sepanjang sekitar tiga kilometer. Ketika perjalanan menelusuri sungai sekitar 1 km, tanpa didyga arek-arek menemukan Air Terjun yang cukup indah. Di lokasi Air Terjun inilah arek-arek benar-benar menikamatinya, hal ini karena udaranya sejuk, airnya bening (mirip air mineral), air terjunnya deras, dengan pemandangan yang cukup menarik. Seperti biasa sekitar 45 menit di lokasi air terjun  arek-arek berfoto dengan seribu gaya sampai kamera lowbatt.

Dan sekitar pukul 10 pagi, arek-arek sudah kembali ke Villa. Setelah ringkes-ringkes, dan berdandan necis dengan jaket almamater, acarara penutupan. Pada acara ini semua peserta baris membentuk huruf L menyesuaikan halaman samping Vila Wahyu. Dengan di pandu oleh mbak Novi (angkatan 2009), upacara penutupan yang cukup serius dilakukan.

Laporan Ketua Panitia disampaikan Kak Fajrin (angkatan 2010), diteruskan pesan dan kesan dari peserta diwakili Tamimi.

Setelah acara penyerahan hadiah untuk peserta yang memenuhi kualifikasi panitia, acara berikutnya sambutan dilanjutkan Penutupan secara resmi oleh Pak Wasis. (wm-07, wm-09, wm-10)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s