Dr. dr. Sukadiono, MM., Rektor Terpilih UNMUHSurabaya

Dr. dr. Sukadiono, MM., Rektor Terpilih UNMUHSurabaya

Akhirnya Dr. dr. Sukadiono, MM. , Terpilih Menjadi Rektor UNMUHSurabaya

MasWasis.com, Surabaya, 5 Desember 2012 – Masa bakti kedua Prof. Dr. Zainuddin Maliki sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya telah berakhir pada awal 2011. Namun oleh PP Muhammadiyah diperpanjang hingga akhir 2012. Sebenarnya Sivitas Academika UNMUHSurabaya masih menghendaki Prof. Zainuddin untuk melanjutkan memimpin UNMUHSurabaya hingga empat tahun mendatang. Diharapkan, setidaknya  sama dengan yang dialami Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, dengan cara memperpanjang masa bhakti   hingga empat tahun (sama dengan satu periode red.). Namun dalam perjalanannya ternyata perpanjangan  masa bakti Prof. Zainuddin hanya sekitar satu tahun.

Mengambil tempat di Auditorium G-inspire lantai enam, Rapat Terbuka Senat Universitas yang khusus diadakan untuk pemilihan Calon Rektor periode 2012/2016 dilangsungkan Rabu (5/12/2012).   Yang menarik Rapat Terbuka Senat ini tidak hanya diikuti anggota Senat Universitas saja, namun juga dihadiri para Dosen yang bukan anggota Senat, karyawan, dan perwakilan mahasiswa, meski yang mempunyai hak suara hanya Senat Universitas yang berjumlah 32 orang.

Sebelum diadakan pemilihan oleh anggota Senat Universitas, terlebih dulu para kandidat Rektor  menyampaian visi dan misi. Dalam penyampaian visi dan misi semua kandidat menyiapkan materinya dengan sungguh-sungguh, termasuk pemaparannya dengan menggunakan power point, kecuali kandidat nomor tiga. Dr. M. Ridlwan.

Setiap anggota Senat Universitas mempunyai kesempatan memilih tiga nama kandidat,  tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Cara memilihnya dengan cara melingkari nomor urut yang berada di atas setiap foto kandidat  yang telah tercantum dalam kartu suara.

Pada saat penghitungan suara, para kandidat tampak tegang, kecuali kandidat nomor tiga Dr. M. Ridlwan. Ketika kartu pertama dibuka, muncul nomor 1, 4, dan 5  yang dilingkari, artinya yang terpilih pada kartu tersebut ialah Dr. Anna Marina, Dr. Sukadiono, dan Dra. Wiwi J. Pratiwi. Kartu berikutnya pola pilihan berbeda-beda. Rupanya pemilih sangat jeli memberikan suaranya hingga kartu suara terhitung semua.

Adapun peroleha suara secara lengkap sebagai berikut; Dr. dr. Sukadiono, MM., memperoleh suara terbanyak yakni 27 suara, disusul Dr. Anna Marina, Ak. Msi memperoleh 25 suara, dan Dra. Wiwi J. Prihastiwi, M.Si. memperoleh 21 suara. Sementara itu kandidat lainnya Prof. Dr. Imam Robandi memperoleh 14 suara dan yang terakhir Dr. M. Ridlwan memperoleh 6 suara.

Selanjutnya tiga nama kandidat yang memperoleh suara terbanyak akan dikirim ke Majeis Dikti PP Muhammadiyah untuk dipilih dan ditetapkan menjadi Rektor UNMUH Surabaya periode 2012-2016. Menurut Ketua Panitia Pemilihan Dr. Mahsun, tiga nama yang akan dikirim berdasarkan urutan alfabetis dan tidak mencantumkan jumlah perolehan suara.

 Namun demikian, berdasarkan informasi yang diperoleh WawasanMahasiswa, dengan komposisi  3 kandidat perolehan suara terbanyak  semacam itu, maka kans terbesar dimiliki oleh Dr. dr. Sukadiono, MM., untuk terpilih dan ditetapkan oleh Mejelis DIKTI PP Muhammadiyah menjadi Rektor UNMUHSurabaya menggantikan Prof. Zainuddin Maliki. (wm-01)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s