Makna Amar Ma’ruf Nahi Munkar *)

Oleh : Syahrudin Darwis **)

Dan hendaklah diantara kamu segolongan umat yg mengajak kepada kebaikan, menyuruh kepada orang berbuat benar dan melarang perbuatan munkar, mereka itulah orang2 yg beruntung” (QS.Ali Imran (3) : 104)
Amar ma’ruf nahi munkar mempunyai dua sisi yang saling berkaiatan, pertama ; Amar Ma’ruf, yaitu menyuruh/mengajak orang untuk mengerjakan yang ma’ruf (yang baik menurut Syara’),  kedua ; Nahi Munkar, yaitu melarang atau mencegah orang dari melakukan perbuatan yang munkar menurut syara’.
Kata-kata menurut Syara’ di sini mengandung arti bahwa Syara’ atau agamalah yg menentukan mana perbuatan yang baik dan mana yang buruk. Jadi bukan akal manusia atau adat istiadat atau kebiasaan suatu masyarakat yang menjadi ukuran.
Bagi setiap muslim, Amar ma’ruf Nahi Muinkar merupakan tugas yang mesti dipikul dan ditegakan.Tugas ini terletak di bahu setiap individu muslim lak-laki maupun perempuan, besar atau kecil, miskin atau kaya. Prinsipnya semua Umat Islam diwajibkan ber-Amar ma’ruf Nahi munkar sesuai kemampuannya.
Tugas ini bukanlah suatu tugas yang ringan, karena yang namanya kebaikan dan kemunkaran selalu ada dimana-mana, dan kapan saja selalu berlomba menjadi pemenangnya.
Dalam realitas sosial kehidupan kita , sering kali dijumpai orang2 yg bukan saja meninggalkan yg Ma’ruf dan mengerjakan yg Munkar, tetapi juga justru menghalang-halangi orang lain untuk berbuat baik dan membujuk serta mendorong untuk berbuat munkar.
Tugas ber-Amar Ma’ruf Nahi Munkar saat bini semakin berat, karena kemunkaranan telah merajalela sehingga menyerang diri kita dimana saja kita berada, dirumah, kantor, sekolah pasar, lingkungan masyarakat dan Negara.Untuk itu mari kita tegakan/gelorakan kamaslahatan demi terjaganya diri kita dan keluarga dari azab Allah.Mari ber-Amar Maruf Nahi Munkar di lingkungan kita masing2.

*) Untuk Wawasan MahasiswaMedia Online

**) Fungsionaris DPP PAN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s