.

Musywil Muhammadiyah Jawa Timur Dibanjiri Kader PAN
IMG_20151115_120530Suasana Penutupan Musywil XV Muhammadiyah Jawa Timur di Kampus Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Surabaya, MasWasis.com – Usai sudah Musyawarah Wilayah XV Muhammadiyah Jawa Timur. Perhelatan limatahunan ormas Islam modern terbesar di Indonesia itu digelar di kampus Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), satu komplek dengan SMA Muhammadyah 2 Sidoarjo, Sabtu hingga Ahad (14-15/11/2015). Diikuti oleh lebih dari seribu orang yang terdiri dari; anggota Musywil, peserta Musywil, dan peninjau Musywil.
Setiap anggota Musywil mempunyai hak bicara maupun hak suara, sementara itu peserta Musywil hanya memupunyai hak bicara tanpa mempunyai hak suara. Sedang peninjau Musywil, tidak mempunyai hak bicara maupun hak suara.
Anggota Musywil sebanyak 1100 orang, terdiri dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM), Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) se Jawa Timur.
Musywil 15 Muhammadiyah ini mengambil tema “Dakwah Pencerahan Menuju Jatim Berkemajuan”. Dibuka secara resmi oleh Bendahara Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Suyatno, MPd. yang juga Rektor UHAMKA Jakarta. Sedang Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr. Haedar Nashir, M.Si., dikarenakan ada kegiatan lain, baru bisa hadir pada acara penutupan. Sekaligus menutup acara suksesi kepemimpinan Muhammadiyah Jawa Timur tersebut.
Pada acara pembukaan dihadiri para tokoh di Jawa Timur, antara lain Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifulah Yusuf , yang biasa dipanggil Gus Ipul, tampak juga Pjs. Bupati Sidoarjo. Prof. Dr. Fasichul Lisan mantar Rektor Unair yang juga mantan Ketua PWM Jawa Timur. Meski terlambat Suyoto Wakil Ketua Umum DPP PAN yang juga Bupati Bojonegoro juga hadir.
Sebelum acara resmi dimulai, Paduan Suara SMAMDA mengawalinya dengan lagu-lagu daerah yang cukup rancak dan apik didengar. Masuk acara pembukaan, Hymne Muhammadiyah “Sang Surya” dikumandangkan dengan syahdu. Sedangkan pada acara penutupan, hari Ahad, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang ganti tampil.
Yang menarik, Musywil Muhammadiyah kali ini dihadiri kader PAN cukup banyak, tentunya juga kader Muhammadiyah. Sebut saja, Kuswiyanto (anggoat FPAN DPR RI), Masfuk (anggota MPP PAN), Sulthon Amin (mantan Ketua DPW PAN Jatim/salah satu Wakil Ketua PWM Jatim), beberapa anggota FPAN DPRD Jatim, beberapa anggota DPRD Kabupaten di Jatim, dan kader PAN non struktrural lainnya. Belum lagi para penggembira tampak kader PAN berkumpul di halaman gedung pertemuan. Bahkan Prof. Suyatno Bendahara Umum PP Muhammadiyah, masih tercatat sebagai Instruktur Nasional PAN.
Kehadiran para kader PAN di arena Musywil Muhammadiyah Jatim kali ini seolah membalas kehadiran Ketua PW Muhammadiyah Jatim Prof. Thohir Luth pada acara pembukaan Muswil PAN di Kediri beberapa bulan yang lalu. Sayangnya Ketua DPW PAN Jatim hasil Muswil di Kediri hingga kini belum terpilih. (wm-01, wm-07)

Iklan