ALDEHID DAN KETON *)

Aldehid dan Keton merupakan senyawa organik yang mempunyai rumus umum yang sama yaitu CnH2nO. Yang membedakan diantara keduanya ialah gugus fungsi yang dimilikinya. Jadi antara Aldehid dan Keton berisomer. Aldehid dan Keton juga sama-sama mempunyai gugus karbonil (–C=O).

ALDEHID

Rumus struktur dari Aldehid : R-CHO

Pada aldehid, gugus karbonil memiliki satu atom hidrogen yang terikat padanya bersama dengan salah satu dari gugus berikut:

  1. atom hidrogen lain
  1. sebuah gugus hidrokarbon yang bisa berupa gugus alkil
  2. atau gugus yang mengandung sebuah cincin benzen.

Contoh Aldehid :

aldehid

 

 

Pada gambar di atas   bisa diihat bahwa keduanya memiliki ujung molekul yang sama persis. Yang membedakan hanya kompleksitas gugus lain yang terikat.

Untuk menuliskan rumus molekul untuk molekul-molekul di atas, maka gugus aldehid (gugus karbonil yang mengikat atom hidrogen) selalunya dituliskan sebagai -CHO – dan tidak pernah dituliskan sebagai COH. Oleh karena itu, penulisan rumus molekul aldehid terkadang sulit dibedakan dengan alkohol. Misalnya etanal dituliskan sebagai CH3CHO dan metanal sebagai HCHO.

TATA NAMA ALDEHID :

Aldehid merupakan turunan Alkana sehingga kadang disebut juga Alkanal. Aldehid mempunyai gugus fungsi –CHO yang terletak pada ujung rantai karbon. Posisi gugus karbonil yang selalu terletak di ujung rantai karbon ini merupakan ciri khas dari golongan aldehid.

Aldehid mempunyai rumus molekul : CnH2nO, sedang rumus strukturnya R-CHO.

Sesuai aturan IUPAC, penamaan aldehid diturunkan dari penamaan Alkana induknya. Akhiran a pada Alkana diganti akhiran al.

Penamaan aldehid didasarkan pada jumlah total atom karbon yang terdapat dalam rantai terpanjang – termasuk atom karbon yang terdapat pada gugus karbonil. Jika ada gugus samping yang terikat pada rantai terpanjang tersebut, maka atom karbon pada gugus karbonil harus selalu dianggap sebagai atom karbon nomor 1. Dengan demikian nomor tidak perlu disebutkan. Penomoran atom C dimulai dari atom C pada gugus karbonil. Bila terdapat cabang alkil, penyebutannya berdasarkan urutan alfabetis.

K E T O N

Keton mempunyai gugus fungsi – CO – yaitu gugus karbonil yang terletak di antara dua gugus alkil. Dengan demikian Keton yang paling sederhana memiliki 3 atom C yang disebut Propanon.

Keton merupakan turunan alkana, sehingga dikenal pula dengan nama alkanon. Pada keton, gugus karbonil memiliki dua gugus hidrokarbon yang terikat padanya. Gugus tersebut bisa berupa gugus alkil atau gugus yang mengandung cincin benzen.

Perlu diperhatikan bahwa pada keton tidak pernah ada atom hidrogen yang terikat pada gugus karbonil.

keton

 

 

Propanon biasanya dituliskan sebagai CH3COCH3. Diperlukannya penomoran atom karbon pada keton-keton yang lebih panjang harus selalu diperhatikan

TATA NAMA KETON

  1. Berdasar IUPAC :

Sesuai aturan IUPAC, penamaan keton diturunkan dari penamaan Alkana induknya. Akhiran a pada Alkana diganti akhiran on.

Rantai terpanjang keton harus mengandung gugus karbonil. Penomoran dimulai dari atom C ujung yang terdekat dengan gugus karbonil. Selanjutnya penamaan sesuai dengan tata nama alkana.

Bedasar Nama Trivial :

Penamaan keton dilakukan dengan cara mengurutkan nama alkil-alkil keton secara alfabetis. Jika kedua gugus alkil sama digunakan awalan di.

Contoh :

  1. Etil metil keton
  2. Dietil keton

UJI REAKSI ALDEHID DAN KETON

Untuk menentukan aldehid dan keton bisa dilakukan dengan menggunakan pereaksi Brady, sebuah uji reaksi untuk menentukan ikatan rangkap C=O.

Larutan 2,4-dinitrofenilhidrazin dalam sebuah campuran metanol dan asam sulfat dikenal sebagai pereaksi Brady. 2,4-dinitrofenilhidrazin sering disingkat menjadi 2,4-DNP atau 2,4-DNPH.

Aldehid direaksikan dengan 2,4-DNPH akan menghasilkan aldehid-2,4-dinitrofenilhidrazon, sedang keton bila direkasikan dengan 2,4-DNPH akan menghasilkan keton 2,4-dinitrofenilhidrazon.

Reaksi secara umum :

reaksi aldehid

 

 

 

 

 

 

BEBERAPA ALDEHID DAN KETON YANG PENTING :

  1. Formaldehid ( CH2O )
  2. Aseltaldehid ( CH3CHO )
  3. Propanon ( (CH3)2CO   )
  4. Etil Metil Keton   ( C2H5COCH3 )

ALDEHID DAN KETON DI ALAM

Beberapa Aldehid dan Keton yang berada di Alam :

Aldehid:

  1. Benzaldehid dalam buah Ceri.
  2. Benzaldehid dalam minyak Amandel
  3. Sintral dalam Jeruk
  4. Sinamaldehid dalam kayu manis

Keton :

  1. Vanilin dalam biji Vanili
  2. Kamfer dalam pohon kamfer

*) Materi Lesson Study Siklus I, tgl. 23 April 2014

Dosen Model : R. Suwasis Hadi

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s